logo web

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Palu Kelas I.A

on . Hits: 15

Pengadilan Agama Palu mengikuti Kegiatan Launching Aplikasi e-BIMA oleh KMA RI secara Virtual

WhatsApp Image 2021 10 11 at 2.52.21 PM

Palu | Senin, 11 Oktober 2021

Bertempat di Ruang Media Center, pukul 11.00 WITA – 13.00 WITA dilaksanakan Kegiatan Launching Aplikasi e-BIMA oleh KMA RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. secara virtual melalui aplikasi zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Agama Palu serta para pimpinan pada 4 Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protocol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung, dilanjutkan dengan Pembacaan Do’a yang dipandu oleh WKPA Cikarang, Saiful, S.Ag., M.H..

Usai pembacaan do’a, acara dilanjutkan dengan Pembacaan Laporan Kegiatan oleh Kepala Biro Keuangan MA RI, H. Sahwan, S.H., M.H.. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh hadirin baik secara langsung di tempat maupun secara virtual di seluruh Indonesia. “Kegiatan ini merupakan peluncuran resmi aplikasi terbaru Mahkamah Agung, terkait pengelolaan, pengawasan, pertanggungjawaban keuangan yang disebut dengan e-BIMA (Electronic Budgeting Implementation Monitoring &  Accountability)”, ujarnya. Aplikasi e-BIMA dilatarbelakangi oleh arahan YM KMA RI untuk mengoptimalkan pelaksanaan, pengelolaan, pengawasan, dan pelaporan keuangan serta kualitas manajemen dan tata Kelola keuangan negara. Melalui serangkaian kajian dan diskusi dari berbagai stakeholders, Tim Biro Keuangan melaksanakan pembangunan aplikasi e-BIMA.

“Awalnya, peluncuran Aplikasi e-BIMA akan dilaksanakan bersamaan dengan penyerahan Laporan Keuangan Audited MA Tahun 2020, namun karena kondisi terkait dengan kegiatan pengetatan masyarakat, peluncuran aplikasi ini pun diundur pada waktu yang ditentukan. Akan tetapi, hal ini tidak mengurangi semangat untuk mengimplementasikan aplikasi tersebut, yang menjadi baseline pembaruan sesuai dengan tuntutan reformasi birokrasi”, ujar Kepala Biro Keuangan MA RI. Ia berharap dengan diluncurkannya aplikasi e-BIMA oleh KMA RI, hal ini dapat dijadikan sebagai pemicu dan akselerasi semangat dalam hal tata Kelola keuangan negara serta memberikan kemudahan dalam pengawasan maupun monitoring pelaksanaan anggaran.

Usai penyampaian oleh Kepala Biro Keuangan MA RI, acara dilanjutkan dengan pemutaran video seputar aplikasi e-BIMA disertai dengan testimoni.

WhatsApp Image 2021 10 11 at 2.49.34 PM

 

Usai pemutaran video, acara dilanjutkan dengan penyampaian oleh KMA RI. Dalam pidatonya, ia menginstruksikan kepada seluruh pimpinan satker di Lingkungan MA dan badan peradilan yang berada dibawahnya untuk senantiasa melakukan pengawasan secara entensif terhadap pertanggung jawaban, pengelolaan, dan pelaporan keuangan negara. “Sejalan dengan hal tersebut, kami akan meresmikan aplikasi e-BIMA, sebagai sarana bantu untuk pengawasan terhadap pengelolaan keuangan negara, keuangan perkara, dan titipan pihak ketiga untuk memudahkan para pimpinan satker dalam pengawasan dan monitoring secara akurat dan realtime. Oleh karena itu, saya intruksikan seluruh satker untuk menggunakan aplikasi e-BIMA”, ujarnya. Guna melakukan optimalisasi di bidang pengelolaan, pengawasan, dan pelaporan keuangan yang transparan dan akuntabel, KMA RI melakukan peluncuran dan pemberlakuan secara resmi aplikasi e-BIMA. Acara diakhiri dengan ucapan hamdallah dan foto bersama. (Tim IT PA Palu)

Add comment


Security code
Refresh

Peta Pengadilan Agama Palu

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Palu Kelas I.A

Jl. WR. Supratman No. 10, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah

Kode Pos : 94221

Telp: (0451) 421156
Fax: (0451) 458125

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  

whatsapp  fb  youtube  twitter  ig

 

w3c html 5 w3c wai AAA  

Tautan Aplikasi