headerpapalufix

Written by ADMIN on . Hits: 29

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah serta Pengantar Alih Tugas Panitera Pengadilan Agama Palu

 

Palu | https://pa-palu.go.id

Jum'at, 29 Juli 2022, bertempat di Ruang Sidang Utama PA Palu pada pukul 08.30 WITA telah dilaksanakan Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitera Muda Hukum PTA Palu a.n Dra. Nuranah, M.H., menjadi Panitera PA Palu serta Pengantar Alih Tugas Panitera PA Palu a.n Drs. H. A. Kadir, M.H., menjadi PP PTA Palu oleh KPA Palu, Dra. Hj. Heriyah, S.H., M.H.. Acara Pelantikan dan Pengantar Alih Tugas dihadiri oleh WKPTA Palu, Hakim Tinggi, KPA Palu, KPA Bungku, Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh aparatur Pengadilan Agama Palu serta perwakilan dari Keluarga besar PTA Palu.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung, dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Shiyamus Shidqi, S.H.I., M.H., kemudian pembacaan Surat Keputusan Dirjen Badilag MA RI oleh saudari Annisa Saraswati, S.H.. Pelantikan Panitera a.n Dra. Nuranah, M.H., dipandu oleh KPA Palu dengan penandatanganan berkas pelantikan serta Pakta Integritas (Saksi 1: Ince Muhrawaty, S.T; Saksi 2: Syuaib, S.H., M.H.; Rohaniwan: Abdul Khair, S.H.). Acara dilanjutkan dengan sambutan dan perkenalan oleh Dra. Nuranah, M.H., yang didampingi oleh suami.

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah, selanjutnya dilaksanakan prosesi Pengantar Alih Tugas Panitera Pengadilan Agama Palu, Drs. H. A. Kadir, M.H., yang dialihtugaskan ke PTA Palu. Acara diawali dengan penyampaian kesan dan pesan oleh Drs. H. A. Kadir, M.H., Disela-sela sambutannya, Kadir mempersembahkan sebuah bunga kepada KPA Palu sebagai apresiasi. "Beliaulah yang mengantarkan saya sampai kepada Husnul Khotimah, dengan harapan diakhir pekerjaannya bisa menjadi lebih baik lagi", ucapnya. Sebagai bentuk apresiasi kepada Para Hakim, Kadir juga mempersembahkan sebuah buku "The Judge". "Buku ini yang mengantarkan Pengadilan Agama Palu dikenal di dunia Internasional, buktinya bisa dilihat di Majalah Peradilan Agama tahun 2018.", lanjutnya.

Kemudian, Kadir menyampaikan beberapa kesan. "Ketika saya pertama masuk di PA Palu, saya sudah dibuat pusing setiap hari oleh teman-teman. Disitu akhirnya kami berkumpul setiap Jumat membahas dan berdiskusi masalah terkait administrasi kepaniteraan. Hasil-hasil pembahasan itu kemudian saya kirim ke Direktur Administrasi Peradilan Agama waktu itu. Dari situlah lahir Pedoman Prosedur Administrasi Perkara di Peradilan Agama dan Mahkamah Syariah, dari Pengadilan Agama Palu lah ide itu lahir.", ucap Kadir.

"Saya ingin menyampaikan pesan, yang pertama marilah kita banyak membaca buku, terutama berkaitan dengan tugas pokok kita. Interaksi harus ditingkatkan, jangan cuma bagaimana? hanya bertanya, akan tetapi mulailah dengan membaca (pahami) terlebih dahulu barulah bertanya.", ucap Kadir. Diakhir sambutannya, Ia juga mengucapkan selamat bertugas kepada Panitera yang baru dilantik, juga kepada seluruh keluarga besar PA Palu, serta mempersembahkan buku "The Judge" terkhusus para Hakim.

Acara dilanjutkan dengan kesan yang diwakili oleh Hj. Agustina Petta Nasse, S.H., M.H. "Awalnya, saat Bapak Drs. H. A. Kadir, M.H menjadi Panitera di PA Palu, saya berpikir beliau adalah orang yang kaku. Tapi setelah berjalannya waktu, ternyata itu tidak seperti yang saya bayangkan, beliau lembut dan humoris. Saya merasakan itu saat kebersamaan kita dari hari ke hari. Banyak ilmu yang beliau sharing, baik cara penulisan kata, kalimat per kalimat, bagaimana menghadapi orang, itu semua sangat bermanfaat bagi kami.", ucapnya.

KPA Palu memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik serta kesan dan pesan untuk Panitera yang dialihtugaskan selama bertugas di Pengadilan Agama Palu. “Semoga di tempat yang baru, semuanya bisa memberikan pengaruh yang baik dan keberkahan bagi semua, dan semakin sukses, aamiin”, ujarnya.

Acara pun ditutup dengan pemberian cinderamata dan ucapan selamat dari seluruh hadirin, serta diakhiri dengan foto bersama. Alhamdulillah, acara berjalan dengan khidmat dan lancar. (IT PA Palu)

Peta Pengadilan Agama Palu

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Palu Kelas I.A

Jl. WR. Supratman No. 10, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah

Kode Pos : 94221

Telp: (0451) 421156
Fax: (0451) 458125

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  

whatsapp  fb  youtube  twitter  ig

 

w3c html 5 w3c wai AAA  

 

Tautan Aplikasi